Thursday 10 September 2015

Cara Mengolah Data dan Mengoperasikan Aplikasi WRPLOT

WRPLOT view ?? Apakah anda pernah mendengar aplikasi ini ?
WRPLOT view adalah program Windows yang mengenerate statistik dari windrose dan plot untuk beberapa data meteorologi. Windrose menunjukan frekuensi dari angin untuk arah angin yang spesifik dan kelas angin untuk memberikan lokasi dan waktu periode.

WRPLOT mempunyai beberapa fitur antara lain menampilkan plot windrose untuk kecepatan angin dan kelas stabilnya, membaca dan menampilkan sebaran frekuensi dari data angin, memiliki control yang cukup lengkap untuk warna, grid line dan tampilan plot windrose, serta dapat membaca data meteorologi permukaan yang berasal dari data SCRAM, CD144, SAMSON, HUSWO, and TD-3505. untuk mendownload aplikasi ini silahkan klik disini.



     Baru-baru ini saya diberikan tugas oleh dosen saya untuk mengoperasikan aplikasi WRPLOT view . Nah saya malah bingung, belum diajarin cara gunakan aplikasi, sudah diberi tugas untuk mengolah data angin dalam aplikasi WRPLOT ? gimana caranya nih.. Alhasil saya mencari beberapa sumber informasi dari internet dan dari hasil trial and error (coba-coba) haha. Berbagi informasi itu menyenangkan, maka dari itu saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana cara mengolah data dan mengoperasikan aplikasi WRPLOT view.

Cara mengoperasikann aplikasi WRPLOT
1. Sebelum mengoperasikan aplikasi ini yang paling penting adalah anda harus punya dan terinstall aplikasi ini di komputer anda. klik disini untuk mengunduh aplikasi ini. Aplikasi ini adalah aplikasi gratis, anda hanya perlu registrasi untuk mendapatkan activation key nya dan ini semua GRATIS.

2. Anda juga harus punya data angin yang ingin anda olah, contohnya seperti ini :



data ini berisi tahun, bulan, tanggal, jam, arah angin, dan kecepatan angin. untuk menentukan arah mata angin yang berupa simbol misalkan : N, NW, S, SW, E, SE, N, dan NE dapat anda lihat pada tabel berikut

Arah Angin          
N= 0⁰ atau 360⁰, NW= 315⁰, S= 180⁰, SW = 225⁰, E = 90⁰, SE= 135⁰, NE= 45⁰, W=
70⁰

3. Setelah anda mempunya data seperti diatas maka selanjutnya bukalah aplikasi WRPLOT anda, maka akan muncul gambar seperti ini :




4. setelah terbuka klik tools pada bar lalu klik import from excel

5. nantinya akan muncul halaman seperti ini :
setelah muncul halaman seperti diatas bukalah data excel yang telah diolah datanya dengan cara klik open

6. isi Data Fields  pada data ke kolom YEAR untuk Tahun, MONTH untuk bulan dan seterusnya. misalkan pada halaman dibawah ini untuk kolom tahun yang berada pada kolom G maka masukkan huruf G ke kolom YEAR, 
kolom Bulan yang berada pada kolom  maka masukkan huruf H pada kolom MONTH dan seterusnya hingga Data Fields Terisi Semua

7. setelah mengisi semua kolom selanjutnya adalah pastikan agar kolom data yang berisi pada First Row To Import sesuai dengan kolom data pada excel yang dibuka tadi. lihat contoh pada gambar.

8. selanjutnya pindah ke Station Information yang ada disebelah Data Fields dan isi juga Station Information seusai dengan stasiun tempat data diambil. untuk contoh :

9. Setelah semua data penting terisi maka klik import.

10. maka akan muncul halaman seperti dibawah ini, lalu klik Yes untuk menyimpan data tersebut..

jika muncul halaman seperti dibawah ini, maka halaman tersebut dapat di close

11. selanjutnya tampilan WRPLOT akan seperti ini : 
kilik add file untuk membuka data yang telah diimport tadi

pilih data yang telah diimport tadi dan klik open, jika datang tidak terlihat maka ubah jenis file yang dicari menjadi (*sam), jika data sudah muncul pilih dat tersebut dan klik open

12. maka data tersebut telah diolah oleh WRPLOT dan windrose serta graphnya akan muncul.





Terima Kasih telah berkunjung di Blog ini semoga informasi ini dapat bermanfaat. Mohon tinggalkan komentar demi kemajuan bersama :D


8 comments:

  1. cara ngolah data angin di excel gimana

    ReplyDelete
  2. perhitungan wrplot ini mengunakan rumus apa sehingga muncul arah angin

    ReplyDelete
  3. untuk menghitung output daya angin menggunakan software apa?

    ReplyDelete
  4. Saya ada terkendala ni mas, saya ambil data arah angin dari BMKG tanpa ada jam cuman perhari aja itu di wrplot atau windrose saya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sama ini masalahnya gan. trs solusinya gmn ya? sudahkah menemukan caranya?

      Delete
  5. Saya punya data 4 stasiun di satu daerah, apakah bisa disatukan di wroplot?

    ReplyDelete
  6. kalau data excelnya tdk terbaca diWrplot bgimna ya?

    ReplyDelete